Fashion Era

Tips Ketika Ban Bocor di Jalan


Apa yang sebaiknya dilakukan pertama kali jika ban sepeda motor kita bocor?

Jika dalam perjalanan ban sepeda motor kita bocor. Dan untuk mencari tukang tambal ban kita harus berjalan menuntun sepeda motor dan agak jauh, maka bias di pastikan ban sepeda motor kita akan remuk.
Maka untuk meminimalisir biaya tak terduga (mencegah ganti ban karena kerusakan waktu di tuntun) maka yang harus dilakukan adalah:
  1. Cari dan cabut barang yang menancap di ban sepeda motor (misal paku). Karena jika kita terus saja menuntun sepeda motor tanpa mencabut paku yang masih menancap, maka paku itu akan mengkoyak ban ketika ban berputar sewaktu kita tuntun.
  2. Jangan pernah menuntun sepeda motor dengan cara kita masih di atas sepeda motor dan kita masuk gigi 2 dan berjalan pelan pelan dengan kaki masih melangkah. Karena beban berat dengan ban yang kempes sedang sepeda motor masih berjalan maka ban akan cepat remuk. Biasanya ban akan putus.
  3. Tuntunlah sepeda motor dengan mesin masih menyala dan masuk gigi2 dengan di gas pelan pelan. Tapi jangan di naiki. Hal tersebut akan menghemat tenaga kita.
  4. Sebelum sepeda motor kita tuntun, sebaiknya sekrup dop (bukan tutup dop) di kendorkan. Karena jika sepeda motor yang kempes bannya dituntun, maka batang dop akan cepat lepas dari bannya. Dan kita di suruh untuk ganti ban saja sama yang tukang tambal.